Sabtu, 21 September 2013

TIPS / CARA MERAWAT KOMPOR GAS

Kompor gas kini sudah menjadi alat masak yang lazim ada di setiap dapur keluarga Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa hal tersebut dikarenakan beberapa tahun yang lalu pemerintah dengan kebijakan energinya mengkonversi bahan bakar rumah tangga dari minyak tanah ke gas LPG. Memang banyak keunggulan yang di dapatkan dengan menggunakan kompor gas seperti bentuk lebih simpel, lebih mudah penggunaannya, dan lebih bersih dengan api yang berwarna biru.
Dari sekian banyak keunggulan kompor gas bukan berarti alat ini bebas perawatan, tetap saja kompor gas juga harus mendapatkan perawatan agar dapat berfungsi maksimal, awet, dan pastinya tidak menimbulkan masalah bagi Anda sekeluarga. Untuk itu sebaiknya Anda melakukan berbagai langkah perawatan seperti:
  1.  Pastikan selang kompor gas jauh dari permukaan panas, seluruh bagian selang dalam kondisi baik seperti tidak terlihat retak dan tidak ada yang tertekuk. Langkah ini dilakukan untuk menjaga terjadinya kebocoran gas dari selang.
  2. Periksalah regulator secara berkala, apakah regulator tersebut sudah terpasang dengan benar. Karena kesalahan pada pemasangan regulator akan menyebabkan keluarnya gas dari tabung dan meningkatkan resiko tabung gas meledak.
  3. Bersihkan secara rutin lubang tempat keluarnya api pada kompor gas. Hal ini dibutuhkan untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat, karena kotoran ini dapat membuat api kompor gas kemerahan. Cara membersihkannya dapat dengan menusuk-nusuk lubang kompor dengan menggunakan jarum atau dengan sikat kawat.
  4. Selalu bersihkan bodi kompor setelah memasak. Kotoran bekas masakan ketika menempel pada bodi kompor gas jika tidak langsung dibersihkan akan menjadi kerak dan akan sulit membersihkannya. Untuk itu jangan menunggu kotoran mengerak. Cara membersihkannya sangat sederhana, Anda cukup mengelap kompor gas dengan kain lap basah hingga kotorannya terangkat.
  5. Cucilah bagian-bagian kompor yang dilapisi pernekel atau krom. Caranya dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun. Sedangkan untuk membersihkan tungku pada kompor gas caranya adalah dengan melepaskan seluruh bagian tungku, lap komponen-komponen tersebut dengan kain lap basah, sedangkan untuk bagian yang bergerigi atau sulit dijangkau kain lap Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas.
  6. Ketika membeli kompor gas, pilihlah yang bagian atasnya mempunyai lapisan anti karat, rata, dan tidak bermotif macam-macam (tidak berlubang) ini dimaksudkan agar mudah dalam proses pembersihan.
Dengan Anda merawat kompor gas yang baik dan benar, maka yang akan mendapat keuntungan adalah Anda sendiri karena kompor akan menjadi awet, tahan lama, dan api yang menyala berwarna biru.

Sumber : http://www.kapsulpintar.com 

Info KLIK Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar