Selasa, 05 Februari 2013

Cara Mudah Membuat Virtual Hardisk Drive di Windows

Jika Anda salah satu orang yang suka memanfaatkan komputer untuk bekerja, pastinya Anda memiliki berbagai macam file yang tersimpan di dalam hardisk drive bukan? Dan tidak sedikit pula yang mencoba membuat partisi baru karena drive sebelumnya telah terisi penuh. Bagi Anda yang berkeinginan menambah partisi atau harddisk drive baru, Windows kini menawarkan fitur menarik yang mungkin belum banyak di ketahui semua orang, fitur tersebut yaitu dimana setiap penggunannya dapat membuat Virtual Hardisk Drive (VHD).


Virtual Hardisk Drive merupakan sebuah tempat penyimpanan secara virtual yang memanfaatkan hardisk fisik, namun tetap tidak akan menganggu jalannya drive lainnya. Sangat bermanfaat, jika Anda tidak ingin mengambil banyak resiko kehilangan data dengan melakukan partisi ulang. Di artikel kali ini saya akan memberikan bagaimana cara membuat virtual hardisk drive di Windows.

Oke langsung saja, langkah pertama buka Windows Exploler dan arahkan mouse ke Computer. Jika sudah klik kanan, kemudian pilih Manage.


Setelah jendela Computer Management terbuka, klik Disk Management. Tunggu sampai semua drive terbaca. Barulah sekarang Anda bisa berpindah ke tab Action dan pilih menu Create VHD.


Tekan tombol Browse untuk menyimpan file Virtual Hardisk Drive (vhd) di komputer Anda. File tersebut berguna untuk mengembalikan atau memunculkan drive kembali jika sewaktu-waktu menghilang. Selanjutnya tentukan kapasitas yang Anda inginkan.  Centang salah satu opsi, Dynamically expanding (kapastitas drive bisa berubah otomatis) dan Fixed size (kapasitas sudah tidak bisa dirubah lagi).


Akan muncul ruang kosong dalam Disk Management.


Sekarang buat Virtual Disk dengan menge-klik kanan dan pilih menu Initialize Disk.


Setelah jendela Initialize Disk terbuka, ganti opsi partition style menjadi MBR (Master Boot Record).


Langkah selanjutnya membuat volume disk virtual. Klik kanan di ruang kosong tersebut kemudian pilih New Simple Volume.


Ikuti langkah-langkahnya. Klik Next.


Isikan kembali kapasitas yang akan Anda gunakan, kapasitas minimal menunjukkan angka 8 dan maksimal 15357. Klik Next.


Sekarang tentukan drive letter. Sesui selera Anda. Klik Next.


Centang opsi Format this volume. Tentukan format disk yang akan di pakai, apakah menggunakan NTFS atau FAT32. Jangan lupa juga untuk mencetang opsi Perform a quick format. Klik Next.


Jika semua langkah sudah selesai, selanjutnya tekan Finish.


Dan sekarang, Virtual Hardisk Drive telah berhasil Anda buat. Bisa dilihat pada Disk Management akan muncul drive baru dan begitu juga di Windows Exploler.



Bagaimana, mudah bukan? Virtual Hardisk Drive merupakan salah satu fitur Windows yang bisa Anda manfaatkan untuk sekedar menambah partisi atau volume baru pada komputer, yang nantinya juga bisa digunakan sebagai media penyimpan data. Jika drive virtual tersebut tiba-tiba menghilang, ulangi langkah ke dua namun dengan memilih menu Attach VHD dan restore file .vhd yang telah Anda simpan.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar