Jumat, 25 Januari 2013

Tips Agar Laptop Anda Tetap Awet

Laptop merupakan barang elektronik yang paling dibutuhkan saat ini, khususnya oleh pelajar, mahasiswa dan praktisi kerja. Ditambah lagi di banyak kota sudah banyak terpasang hotspot (area internet). Dengan berbekal sebuah laptop, Anda tetap dapat mengakses internet. Walaupun sudah menjadi barang umum, tetapi masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop agar kondisinya tetap prima. Kebanyakan mereka hanya dapat menggunakan tanpa memikirkan cara perawatannya.

Kerusakan pada laptop dapat mengganggu produktivitas penggunanya. Kerjaan berantakan, data-data hilang dsb. Anehnya, hasil survey salah satu perusahaan laptop terkemuka di korea menyatakan bahwa 68% kerusakan laptop disebabkan oleh kesalahan penggunaan dan perawatan.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar laptop tetap dalam kondisi prima:

1. Jangan pernah mencoba membongkar sendiri laptop Anda

Laptop merupakan barang elektronik yang sangat rawan. Satu kesalahan kecil saja Anda lakukan, bisa berakibat sangat fatal terhadap umur dan kondisi laptop Anda. Jika suatu hal terjadi pada laptop Anda, tindakan yang paling bijak adalah dengan membawanya ke service center resmi produsen laptop tersebut.  

2. Jangan minum, meletakkan minuman atau bahan-bahan cair lain di sebelah laptop

Minum atau meletakkan bahan-bahan cair di sebelah laptop bisa menjadi hal yang cukup riskan. Dikhawatirkan cairan tersebut tanpa sengaja tertumpah di laptop dan membuat laptop Anda crash bahkan mati total.

3. Istrirahatkan laptop untuk beberapa menit

Jika tugas atau kerjaan sedang menumpuk, seringkali laptop harus ikut bekerja keras sepanjang malam. Istirahatkan laptop Anda 15-20 menit setiap beberapa jam sebelum dipakai lagi supaya kondisi laptop tetap optimal.

4. Jangan memakai laptop di atas permukaan yang lunak

Karpet, sofa, dan tempat tidur adalah tempat favorit yang sering kita gunakan sebagai alas saat menggunakan laptop. Namun tahukah Anda jika laptop bisa lebih cepat panas jika dipakai di tempat yang empuk? Hal itu karena ventilasi laptop akan tersumbat sehingga udara panas dari dalam laptop tidak bisa ditransfer keluar. Jika Anda akan menggunakan laptop di tempat-tempat lunak tersebut, pastikan Anda memberikan alas yang keras dibawah laptop agar ventilasi laptop tidak tertutup.

5. Jangan memangku laptop anda saat menggunakannya

Hindari memangku laptop saat menggunakannya karena lubang vetilasi laptop bisa tertutup dan menyebabkan overheat pada laptop. Akibatnya umur laptop menjadi berkurang secara signifikan.

6. Jangan meletakkan apapun di antara keyboard dan layar laptop

Pastikan bahwa Anda tidak meletakkan apapun diatas keyboard laptop karena jika Anda sampai terlupa dan menutup laptop, bisa-bisa hal itu akan membuat goresan serius pada layar laptop.

7. Jangan membawa laptop dengan sembarangan

Hati2 jika kamu membawa laptop. Usahakan jangan sampai ada bagian yang tergores atau bahkan terjatuh saat kamu bawa.

8. Gunakan stabilizer

Jika Anda sedang memakai laptop tanpa baterai, maka gunakan stabilizer agar laptop tidak rusak akibat perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.

9. Selalu jaga kebersihan laptop

Sekecil apapun debu yang masuk pada laptop dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Debu dapat menyebabkan korosi pada bagian metal conector laptop dan berpotensi menyebabkan hubungan pendek pada laptop. Jika hal itu terjadi..buuum..selamat tinggal laptop tersayang…

10. Hindari download freeware yang belum jelas keamanannya

Banyak memang freeware yang tersebar luas di internet. Banyak yang bermanfaat, namun tidak sedikit pula yang dapat menyebabkan masalah serius pada laptop kita. Scan dahulu program-program gratis yang Anda download sebelum Anda menginstalnya..karena virus, worm dan threat-threat lainnya sering menggunakan freeware sebagai media penyebarannya.

Itulah beberapa cara menjaga keawetan laptop.. Semoga tips ini dapat membantu menjaga keawetan laptop kesayangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar